8.1.12

Tabi'in : Syaikh Muhammad ibn Sirin rahimahullah

Nama Lengkap

Nama lengkapnya adalah Muhammad ibn Sirin al-Anshary, beliau adalah seorang ahli fiqh yang zuhud dan tekun beribadah, ayahnya bekas sahaya Anas ibn Malik radhiyallahu 'anhu yang membelinya dari Khalid ibn al-Walid radhiyallahu 'anhu yang menawannya di 'Ain at-Tamr di gurun pasir Iraq dekat al-Anbar. Sebelumnya Anas menjanjikan kebebasan bagi budaknya itu bila Sirin membayar sejumlah uang. Sirin melunasinya dan bebaslah ia. Ibu Muhammad ibn Sirin bernama Shaffiyah yang pernah menjadi sahaya Abu Bakar ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu.

Syaikh Muhammad ibn Sirin rahimahullah lahir 2 tahun menjelang berakhirnya masa pemerintahan Khalifah 'Utsman ibn 'Affan radhiyallahu 'anhu. Beliau sempat bertemu dengan 30 orang Sahabat Nabi, tetapi tidak pernah melihat Abu Bakar ash-Shiddiq dan Abu Dzar al-Ghiffari radhiyallahu 'anhuma. Beliau juga tidak mendengar langsung hadits dari Ibn Abbas atau Abu Darda' atau Imran ibn Hushain, atau Sayyidah 'Aisyah radhiyallahu 'anhuma. Namun beliau meriwayatkan dari beberapa hadits musnad dari Zaid ibn Tsabit, Anas ibn Malik, Abu Hurairah, Hudzaifah ibn al-Yaman radhiyallahu 'anhuma dan beberapa lainnya.

Di antara orang yang meriwayatkan dari Ibn Sirin adalah asy-Sya'bi, al-Auza'i, 'Ashim al-Ahwal, Malik ibn Dinar dan Khalid al-Hadzdza.

Hisyam ibn Hisan rahimahullah berkata tentangnya: "Dia orang paling jujur yang pernah aku jumpai."

Abu Awanah rahimahullah berkata, "Aku pernah melihat Ibn Sirin dan tak seorangpun melihatnya tanpa sedang berdzikir kepada Allah Ta'ala."

Abu Sa'ad rahimahullah berkata, "Dia dipercaya memang teguh amanat, tinggi kedudukannya dan banyak ilmunya."

Wafatnya

Syaikh Muhammad ibn Sirin rahimahullah wafat pada tahun 110 H.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala meridhai Muhammad ibn Sirin dan menempatkan beliau pada kedudukan yang tinggi di sisi Rabbnya. Amiin.



FeedCount

Cari artikel di blog ini

Loading

Ikuti via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template