4.1.12

Tabi'in : Syaikh Sa'id ibn al-Musayyab rahimahullah, Tokoh Tabi'in Paling Utama

Nama Lengkap

Nama lengkapnya adalah Sa'id ibn al-Musayyab ibn Hazn al-Quraisy al-Makhzumi, ayahnya dan kakeknya adalah Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau dilahirkan sebelum Umar ibn al-Khaththab radhiyallahu 'anhu diangkat menjadi khalifah. Sejak usia muda beliau sudah hafal al-Qur'an. Banyak Sahabat Nabi yang didatanginya untuk menimba ilmu, bahkan beliau juga belajar pada Ummahatul Mu'minin.

Keutamaan Sa'id ibn al-Musayyab

Syaikh Sa'id ibn al-Musayyab rahimahullah termasuk ahli fiqh Madinah dan seorang mujtahid besar.

Ibn Umar radhiyallahu 'anhu berkata: "Sa'id termasuk salah seorang mufti."

Syaikh Qatadah rahimahullah berkata: "Aku tidak pernah melihat orang sepandai Sa'id ibn al-Musayyab."

Syaikh al-Hasan al-Bashri rahimahullah apabila menemui kesulitan seringkali menulis surat kepada Sa'id untuk minta jawabannya.

Imam Ahmad ibn Hambal rahimahullah berkata: "Beliau Tabi'in paling utama."

Syaikh Makhul rahimahullah berkata: "Aku telah menjelajahi bumi untuk menuntut ilmu, ternyata aku tidak bertemu seorangpun yang lebih pandai daripada Sa'id ibn al-Musayyab."

Syaikh 'Ali ibn al-Madini rahimahullah menyatakan: "Aku tidak tahu di kalangan Tabi'in ada orang yang luas ilmunya daripada beliau, menurutku beliau Tabi'in terbesar."

Perawi Hadits

Syaikh Sa'id ibn al-Musayyab rahimahullah meriwayatkan hadits dari Abu Bakar ash-Shiddiq secara mursal, dan beliau mendengar dari Umar ibn al-Khaththab, 'Utsman ibn Affan, Abu Hurairah, Zaid ibn Tsabit, 'Aisyah Ummul Mu'minin dan beberapa yang lainnya. Sedangkan yang meriwayatkan dari beliau antara lain Salim ibn 'Abdullah, az-Zuhri, Qatadah, Syuraik, Abu az-Zanad.

Keluarga Sa'id ibn al-Musayyab

Kendati ada peluang bagi Sa'id ibn al-Musayyab untuk memilih istri dari golongan Quraisy, tetapi beliau lebih mengutamakan menikah dengan putri Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dan memiliki kekayaan mengenai riwayat hadits, yang beliau ingin juga mengambilnya.

Para 'Ulama meriwayatkan bahwa Sa'id ibn al-Musayyab rahimahullah mengawinkan putrinya kepada Kutsayyir ibn Abi Wada'ah hanya dengan mas kawin 2 dirham. Padahal sebelumnya beliau menolak lamaran Khalifah 'Abdul Malik ibn Marwan yang ingin menjodohkan putrinya dengan al-Walid ibn 'Abdul Malik. Dan ketika 'Abdul Malik hendak melaksanakan bai'at bagi putranya, al-Walid, Hisyam ibn Ismail selaku pengganti 'Abdul Malik di Madinah memukul Sa'id ibn al-Musayyab dan menghadapnya dengan pedang, untuk memaksanya melakukan bai'at namun Sa'id tetap menolak.

Wafatnya

Syaikh Sa'id ibn al-Musayyab rahimahullah wafat pada tahun 94 H.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala meridhai Syaikh Sa'id ibn al-Musayyab dan menempatkan beliau pada kedudukan yang tinggi di sisi Rabb-Nya. Amiin.



FeedCount

Cari artikel di blog ini

Loading

Ikuti via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Followers

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template